Dahlan Iskan : Monorel Adalah Proyek Penebus Dosa Adhi Karya

Nasional / 8 February 2013

Kalangan Sendiri

Dahlan Iskan : Monorel Adalah Proyek Penebus Dosa Adhi Karya

Puji Astuti Official Writer
2449

Proyek monorel akhirnya mendapatkan titik cerah setelah konsorsium BUMN menyatakan akan mengerjakan proyek tersebut. Baik Gubernur DKI Jakarta dan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyambut baik rencana pengerjaan monorel sepanjang 52 kilometer dengan jalur Kuningan – Cawang – Bekasi Timur. Bahkan Dahlan menyebut bahwa proyek monorel tersebut sebagai proyek penebus dosa bagi PT Adhi Karya Tbk yang menjadi pemimpin konsorsium BUMN ini.

"Proyek monorel yang dikerjakan Adhi Karya dan kawan-kawan itu harus didukung. Proyek ini bisa jadi merupakan ajang bagi Adhi Karya untuk menebus "dosa-dosa" perusahaan itu," demikian pernyataan Dahlan yang dikutip oleh AntaraNews.com, Kamis (7/2).

Yang dimaksud dengan “menebus dosa” oleh Dahlan Iskan adalah terkait kasus korupsi Hambalang yang melibatkan direksi perusahaan berplat merah tersebut.

"Itu dulu, ketika Adhi Karya dipimpin oleh direksi yang lama. Sekarang Adhi Karya sudah bersih-bersih dan dipimpin oleh jajaran direksi baru yang lebih bersemangat dan bersih dari unsur korupsi," demikian Dahlan menjamin perusahaan pemerintah yang berada dibawah kementeriannya tersebut.

Proyek jalur monorel yang diperkirakan memakan biaya sebesar 9 triliun rupiah tersebut akan dikerjakan oleh PT Jasa Marga Tbk, PT Lembaga Elektronika Negara (LEN), PT Telkom Tbk, PT Industri Kereta Api (Inka), Bank Mandiri dan dipimpin oleh PT Adhi Karya.

Tentu saja dosa masa lalu tetap harus dipertanggung jawabkan oleh pelaku di hadapan hukum, namun semoga saja pernyataan Dahlan Iskan kemarin benar-benar dapat dibuktikan oleh para bawahannya, dan proyek monorel ini dapat menjadi pembuktian bagi badan usaha milik negara tersebut dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bukan sebagai alat untuk mengeruk keuntung oleh segelintir orang. Terlebih monorel kedepannya menjadi harapan masyarakat DKI Jakarta dalam mengurai kemacetan ibukota.

Sumber : AntaraNews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami