Iklan TKI on Sale Lecehkan Negara Republik Indonesia

Nasional / 29 October 2012

Kalangan Sendiri

Iklan TKI on Sale Lecehkan Negara Republik Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
2020

Wakil Ketua Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf memberikan komentar pedas terkait beredarnya beberapa hari ini iklan ‘TKI on Sale’ di Malaysia.

“Apapun modus oknum pembuat iklan tersebut, maka oknum telah menginjak bom waktu, yaitu menghina harga diri bangsa Indonesia," ujar Nova di Gedung DPR, Senin (29/10).

"Iklan tersebut merupakan pelecehan terhadap negara Republik Indonesia. Terlebih hingga saat ini moratorium pengiriman TKI ke Malaysia belum dicabut," sambungnya.

Lebih lanjut wanita yang merupakan aktivis Partai Demokrat ini mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, di masa sidang DPR berikutnya ia dan rekan-rekan dari Komisi IX akan melakukan pembahasan RUU tentang Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (RUU PPILN).

"Saya berharap RUU PPILN dapat memperbaiki secara signifikan persoalan yang terdapat di dalam UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI yang akan digantikannya," ungkap Nova.

Menurut Nova, Pansus RUU PPILN akan mengkritisi beberapa hal di antaranya adalah seluruh proses perekrutan, training, penempatan, serta pemulangan TKI hingga diserahkan kepada pihak swasta.

Untuk diketahui, iklan 'TKI On Sale' yang menawarkan jasa pembantu dari Indonesia disebarkan di sejumlah media di Malaysia. Selain melalui media, iklan tersebut juga disebarluaskan lewat selebaran yang ditempel di sejumlah lokasi seperti jalanan di kawasan Chow Kit, Kuala Lumpur.

"Indonesian maids now on Sale. Fast and Easy application. Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax. Deposit only RM 3,500 price RM 7,500 nett," demikian tulisan dalam iklan itu.

Sebagai bangsa Indonesia, kita sudah sepatutnya marah melihat iklan bernada merendahkan ini. Oleh sebab itu, selain memperbaiki sistem pengiriman TKI di masa mendatang, pemerintah sekarang perlu menyatakan sikap tegas terhadap pemerintah Malaysia dan meminta pihak otoritas di negeri Jiran tersebut agar memberikan sanksi kepada sang pembuat iklan. Buktikan pak Presiden SBY dan para menteri terkait bahwa Anda membela rakyat Anda !  

Baca juga:

Kisah Nyata Andre yang Telah Pacaran Lebih Dari 20 Kali

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Cara Tepat Atasi dan Cegah Diare

Mezbah Korban Bakaran

Chord Lagu, Jumat (26/10) : Indonesia Penuh KemuliaanMu

Sumber : viva.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami