Ditemukan Teknologi Yang Bisa Mendeteksi Penulis Kitab Injil

Entertainment / 19 October 2011

Kalangan Sendiri

Ditemukan Teknologi Yang Bisa Mendeteksi Penulis Kitab Injil

Lois Official Writer
4068

Identitas penulis Injil telah menjadi perdebatan yang belum terpecahkan selama berabad-abad. Ada banyak tafsiran siapa penulis Kitab di dalam Injil tersebut. Namun kini ilmuwan menemukan cara mengungkapnya. Ilmuwan berhasil membuat program komputer yang akan menguak rahasia pada sumber beragam kitab agama di dalamnya.

Dengan algoritma tertentu yang terdapat di dalam program yang dituliskan oleh ilmuwan komputer Israel dan filolog Injil, maka program tersebut dapat menganalisa gaya tulis di beragam bab. Meski tak bisa menentukan penulis individualnya, program ini mampu menentukan kapan satu bagian ditulis lebih dari satu orang. Selain itu, program ini juga mampu mendeteksi kapan penulis baru menggantikan tugas menulis kitab tertentu.

Misalnya saja kitab Taurat yaitu lima kitab pertama pada Perjanjian Lama. Banyak pihak yang meyakini bahwa kelima kitab itu ditulis oleh satu orang yaitu Musa. Namun, ada pihak lain yang juga meyakini ada lebih dari satu penulisnya. Program inilah yang akan membantu menentukannya.

Program ini sendiri sudah diuji oleh Kepala peneliti Profesor Nachum Dershowitz dari Tel Aviv University pada kitab Ibrani, Yeremia, dan Yehezkiel. Lalu ketepatannya bagaimana? Program ini memiliki 99% keakuratan dengan melihat cara beragam kata didistribusikan.

Suatu kemajuan teknologi yang luar biasa jika benar-benar dapat terbukti kebenarannya. Mungkin hal ini dapat membawa hal-hal baru yang bisa terungkap sehingga kekuatan dan kasih Tuhan semakin nyata. Bahwa yang di dalam Alkitab hanya ada kebenaran semata dan setiap orang yang tidak mempercayainya menjadi percaya.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami