Vatikan Terbitkan Dokumen Untuk Atasi Pelecehan Seksual

Internasional / 12 May 2011

Kalangan Sendiri

Vatikan Terbitkan Dokumen Untuk Atasi Pelecehan Seksual

Lois Official Writer
2960

Vatikan mengatakan pihaknya akan segera mengeluarkan sebuah dokumen bagi para uskup se-dunia dengan tujuan untuk memerangi pelecehan seksual anak di lingkungan Gereja Katholik Roma. Dokumen tersebut akan mencakup petunjuk-petunjuk untuk membantu para uskup di seluruh dunia menyiapkan pedoman mereka sendiri dalam menangani kasus-kasus penganiayaan.

Kepala Kongregasi Doktrin Keagamaan, Kardinal William Levada pada bulan November yang lalu telah mengatakan dokumen tersebut akan merekomendasikan para uskup untuk membentuk berbagai program pencegahan untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak.

Selain itu, dokumen tersebut juga merekomendasikan perlunya pelatihan yang lebih baik bagi para pastur di masa depan dan bekerjasama dengan pihak berwenang secara lebih erat. Untuk itu, dokumen ini diciptakan. Kiranya di masa depan tidak ada pelecehan yang dilakukan oleh uskup kepada anak-anak.

Kekecewaan dan mungkin juga kepahitan yang datang atas kejadian seperti ini, namun kita jangan melihat kepada manusia. Sebaliknya, kita berdoa agar mereka mengalami pemulihan dan setiap korban juga dipulihkan dan bahkan dapat menjadi kesaksian yang indah. Di atas itu semua, mari kita berlomba-lomba untuk terus seperti Yesus hari lepas hari agar ke depannya kita dapat serupa dengan-Nya.

Sumber : voanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami