Cegah Obesitas pada Anak dengan Sering Makan Bersama

Fit & Charming / 7 May 2011

Kalangan Sendiri

Cegah Obesitas pada Anak dengan Sering Makan Bersama

Lois Official Writer
3421

Luangkan waktu sedikitnya 3 kali seminggu untuk duduk bersama di meja makan, maka resiko kegemukan atau obesitas pada anak akan berkurang. Selain itu, mengurangi resiko anak-anak jajan makanan yang kurang sehat di luar. Resiko kegemukan ini akan berkurang sebanyak 12 persen dan otomatis makan junk food anak-anak akan berkurang 20 persen.

Berbagai manfaat tersebut terungkap dalam penelitian Amber Hammons dari University of Illionis yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics. Penelitian tersebut merupakan kajian atas 17 hasil penelitian lain yang sudah lebih dulu diterbitkan. Total ada 183 ribu responden yang dilibatkan dalam 17 penelitian tersebut, dengan rentang usia antara 2-17 tahun.

Seluruh penelitian dilakukan secara observasional atau berdasarkan pengamatan, tanpa melibatkan eksprerimen tertentu pada responden. “Meluangkan waktu untuk duduk bersama dengan anggota keluarga yang lain memberikan banyak manfaat dalam hal keseimbangan nutrisi,” ungkap Hammons seperti dikutip dari Dailymail. Anak-anak jadi lebih doyan makan sayur dan buah jika tinggal dalam keluarga yang sering makan bersama.

Dari sisi kesehatan jiwa, kebiasaan makan bersama juga mengurangi resiko gangguan makan seperti pilih-pilih makanan atau makan berlebihan. Resiko mengalami gangguan semacam itu berkurang sekitar 35 persen. Wow, ini artinya dengan makan bersama, banyak manfaat yang diambil.

Apalagi kalau dilihat dari penelitian di Inggris menunjukkan 1 dari 6 anak laki-laki menderita obesitas akibat kurang gerak dan pola makan yang tidak sehat. Dan obesitas akan menyebabkan hipertensi dan diabetes, resiko terburuknya yaitu serangan stroke dan jantung. Bagi laki-laki dapat menyebabkan impotensi. Jadi, luangkan waktu bersama anak-anak Anda dan mulailah dari sekarang.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami