Gereja Usul Ganti Rugi Korban Pelecehan Seks dengan Uang

Internasional / 3 March 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Usul Ganti Rugi Korban Pelecehan Seks dengan Uang

Lois Official Writer
4216

Gereja Katolik Jerman mengusulkan pemberian kompensasi hingga 6.900 dolar AS bagi para korban pelecehan seksual oleh pastor atau para pejabat gereja. Usulan ini keluar, Rabu (2/3) malam dalam sebuah forum pemerintah di Berlin yang dibentuk untuk mengkaji isu pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Sejumlah perwakilan dalam konferensi tersebut mengatakan gereja juga akan membayar untuk konseling dan terapi bagi para korban yang kasusnya melampaui kasus yang terjadi pada umumnya di Jerman. Pada kasus-kasus serius seperti itu, para korban akan menerima tambahan bantuan keuangan.

Jerman yang merupakan negara asal Paus Benediktus XVI adalah salah satu dari sejumlah negara dimana warga Katolik menuntut akuntabilitas gereja atas pelanggaran seksual yang dilakuan oleh para pastornya. Mungkin hal ini dilakukan menanggapi pernyataan Paus beberapa waktu yang lalu agar penguasa gereja harus memperbarui usaha untuk membantu para korban.

Namun, yang lebih penting di atas semuanya itu, tentu saja pencegahan yang bisa dilakukan. Paus menyarankan agar gereja dapat menyaring orang-orang yang punya pedofil agar tidak masuk menjadi imam. Gereja harus intropeksi guna mengetahui apa yang menyebabkan pelecehan itu sampai terjadi. Baru-baru ini juga, gereja menanggapi dengan memberi usulan agar imam tidak diharuskan hidup selibat. Gereja perlu ingat bahwa uang bukanlah pemecahan segala masalah tapi berilah mereka konseling dan sembuhkan luka hati para korban karena itulah yang paling mereka perlukan.

Sumber : voanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami