7 Makanan Yang Harus Anda Hindari Saat Hamil

Gizi & Nutrisi / 23 November 2010

Kalangan Sendiri

7 Makanan Yang Harus Anda Hindari Saat Hamil

Lestari99 Official Writer
5319

Apa yang Anda makan selalu penting, tetapi menjadi semakin penting ketika Anda hamil. Mengkonsumsi makanan yang tepat, seperti sayuran dan buah-buahan segar serta roti gandum, akan memberikan apa yang Anda dan bayi Anda butuhkan untuk sehat dan bahagia, namun mengkonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan masalah yang serius.

1. Daging, Ikan Maupun Unggas Mentah Atau Setengah Matang

Makanan mentah dan setengah matang, seperti steak dan sushi, bisa menjadi pelabuhan bagi kontaminasi bakteri, virus, dan parasit. Jadi, selalu pastikan untuk memasak daging Anda secara menyeluruh. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk mencuci tangan dan membersihkan meja saat sedang mengerjakan dan memasak daging.

2. Beberapa Jenis Keju

Keju yang tidak dipasteurisasi, seperti feta dan brie, dapat mengandung Listeria monocytogenes yang mematikan karena dapat menyebabkan listeriosis, yang pada akhirnya dapat menyebabkan keguguran. Hindarilah keju-keju ini.

3. Hot Dog

Hot dog dan daging lainnya masih aman untuk dikonsumsi jika daging tersebut Anda masak kembali tepat sebelum Anda makan, tapi jangan pernah memakannya saat daging sudah dingin. Karena daging tersebut juga dapat mengandung Listeria. Jadi pastikan untuk selalu memanaskan hot dog Anda bahkan bologna Anda sebelum Anda memakannya.

4. Beberapa Jenis Ikan Laut

Tahukah Anda bahwa ikan besar, seperti ikan todak dapat mengandung kadar merkuri tinggi yang membahayakan? Saat Anda sedang hamil, lebih baik jika Anda menghindari mengkonsumsi ikan besar karena keracunan merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada perkembangan bayi Anda yang belum lahir. Dokter menyarankan untuk memakan tidak lebih dari 12 ons ikan kecil per minggu selama hamil, untuk menghindari kontaminasi merkuri.

5. Kafein

Tidak hanya kafein dapat membuat Anda gelisah ketika Anda sedang tidak hamil, dan bisa bertambah buruk ketika Anda hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Jadi hindarilah kopi selama Anda hamil.

6. Alkohol

Tidak ada batas aman untuk mengkonsumsi alkohol saat Anda hamil, dan kerusakan yang disebabkan oleh sindrom alkohol ini pada janin harus ditanggung seumur hidup dan tak dapat diubah. Hal teraman yang dapat dilakukan saat Anda hamil adalah dengan tidak menyentuh alkohol sama sekali. Hanya sesederhana itu.

7. Beberapa Jenis Suplemen Diet

Beberapa suplemen herbal dan diet yang terkenal seperti Echinacea, wormwood, pennyroyal, dan St. John’s wort, belum pernah diuji untuk melihat apakah suplemen tersebut aman bagi wanita hamil. Jadi sebaiknya Anda juga menghindari suplemen herbal dan diet selama Anda hamil.

Jenis-jenis makanan ini hanyalah beberapa dari banyak hal lainnya yang harus Anda hindari untuk memastikan kehamilan yang aman dan bahagia, meskipun Anda harus menanggung derita akibat perasaan tidak nyaman sejalan dengan usia kandungan yang semakin membesar. Masa-masa kehamilan bisa menjadi salah satu saat paling membahagiakan dalam hidup Anda.

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami