AS: Ada Pelanggaran HAM Pada Kasus Prita dan Luna Maya

Nasional / 12 March 2010

Kalangan Sendiri

AS: Ada Pelanggaran HAM Pada Kasus Prita dan Luna Maya

Puji Astuti Official Writer
8003

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengeluarkan laporan permasalah hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di berbagai negara pada Kamis (11/3), termasuk juga yang terjadi di Indonesia.

Selain korupsi dalam sistem peradilan, dan praktek main hakim sendiri, Deplu AS yang dipimpin oleh Hillary Clinton ini juga menyoroti kasus Prita Mulyasari dan Luna Maya.

Di tahun 2009 lalu, Indonesia dinilai telah menghormati hak asasi warganya, serta mengalami peningkatan dalam berdemokrasi, namun demikian berbagai masalah HAM masih tetap ada.

Kasus Luna Maya dan Prita Mulyasari mendapatkan perhatian AS karena dinilai adanya pembatasan kebebasan berpendapat dan kebebasan internet.

Hilarry menyatakan bahwa laporan yang di keluarkan tersebut merupakan fakta dan informasi sebagai refrensi dalam menentukan kebijakan diplomatik ekonomi dan strategi Amerika Serikat dengan negara-negara lain. Laporan selengkapnya bisa di akses langsung pada situs resmi Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Dengan dirilisnya laporan tentang pelanggaran HAM ini, semoga memacu pemerintahan bangsa ini untuk meningkatkan perlindungan hak asasi manusia atas warganya. Jika bangsa lain saja peduli akan nasib Indonesia, maka rakyat negeri Indonesia harus lebih peduli lagi dengan permasalahan yang ada.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami