Jangan Paksa Anak Untuk Tidur Siang

Parenting / 18 January 2010

Kalangan Sendiri

Jangan Paksa Anak Untuk Tidur Siang

Daniel Official Writer
7412

Jika Anda termasuk orang tua yang selalu mengatur anak Anda untuk tidur di siang hari. Ada sebuah fakta baru yang mungkin akan membuat Anda berpikir ulang untuk melakukan hal tersebut. Secara alamiah anak yang sehat lebih suka terjaga sepanjang siang, hal ini sesuai dengan siklus alamiah tubuhnya yang mengikuti jadwal terbit dan tenggelamnya matahari. Pagi hari mereka diisi dengan energi untuk beraktifitas dan malam hari tubuh mereka akan beristirahat.

Namun dalam kondisi tertentu, mereka masih memerlukan tidur siang. Misalkan karena sakit, atau kelelahan karena terlalu banyak bermain. Sebenarnya anak-anak tidak membutuhkan tidur siang jika aktivitas anak tersebut lebih didominasi aktivitas otak seperti les, kursus musik dan sebagainya.

Ada dua kerugian jika Anda tetap memaksa anak Anda untuk tidur siang :

1. tidur siang akan mengurangi stimulasi siang hari yang dibutuhkan anak yang sedang tumbuh. Tiga tahun pertama adalah masa pertumbuhan yang membutuhkan stimulus aktifitas di siang hari.

2. tidur siang akan mengganggu kualitas tidur malam anak Anda. Anak Anda membutuhkan jam tidur malam yang berkualitas antara 10-12jam.

Jika anak Anda sudah memperoleh jam tidur malam yang berkualitas maka tidur siang sebenarnya tidak dibutuhkan lagi kecuali anak Anda kelelahan secara fisik. Bila orang tua dapat mengarahkan anak memiliki pola ini sejak dini, maka anak akan mendapat kesempatan tumbuh dan berkembang secara optimal. Buatlah tidur anak Anda selaras dengan pola kebutuhan tubuhnya.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami