Prinsip Pemecahan Masalah

Kata Alkitab / 5 June 2009

Kalangan Sendiri

Prinsip Pemecahan Masalah

Lestari99 Official Writer
6892

Hari-hari ini dunia sementara dilanda oleh berbagai permasalahan kehidupan. Apakah jawaban Firman Tuhan untuk hal ini?

1 Yoh 5:4, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita

Apa arti "semua" di sini? Semua artinya ya semua. Semua yang lahir dari Allah, artinya tidak peduli berapa kadar iman Anda, tidak peduli berapa lama Anda menjadi orang Kristen, tidak peduli seberapa dalam pengetahuan Anda, selama Anda lahir dari Allah, Firman Tuhan mengatakan bahwa di dalam Anda ada suatu potensi untuk MENGALAHKAN DUNIA!

Kata "mengalahkan" dalam bahasa aslinya berarti "pemecah masalah" (a problem solver).Dan coba tebak, dunia akan membayar mahal bagi siapa saja yang bisa memecahkan masalah mereka! Semakin baik Anda dalam memecahkan masalah, makin besar uang yang Anda terima. Kenapa? Karena Anda semakin "bernilai".

Beberapa PRINSIP PEMECAHAN MASALAH

1. JANGAN PERNAH PERCAYA masalah tidak terpecahkan

6 kata ini akan memberikan pada Anda sikap yang benar untuk memecahkan masalah. Inilah hal pertama yang perlu ditanamkan kalau Anda sedang punya masalah. Mungkin Anda berpikir bahwa ada beberapa problem yang TIDAK terpecahkan. Saya mau ulangi lagi, mungkin itu TIDAK terpecahkan oleh Anda. Bagi orang lain mungkin itu masalah yang BISA dipecahkan.

Berapa banyak problem yang Anda dan saya hadapi yang tidak terpecahkan karena kita telah mendengar bahwa masalah tersebut tidak ada solusinya? Kunci pertama menangani problem adalah memiliki mind set yang benar: SETIAP MASALAH ADA JALAN KELUARNYA (every problem is solvable).

2. DEFINISIKAN masalah secara jelas di secarik kertas

Anda perlu untuk bisa "melihat" masalah tersebut. Jangan hanya "memikirkan" masalah Anda. Tuliskan masalah Anda. Kalau Anda tidak bisa "melihat" masalah Anda, ada bahaya Anda mencampuradukkan gejala dengan problemnya.

3. ORGANISASIKAN cara untuk memecah dan mengalahkan masalah

Jenderal yang mengerti strategi militer yang efektif tidak akan menyerang semua front secara berbarengan. Mereka akan mencari dulu titik mana yang paling lemah, kemudian mereka akan menyerang titik tersebut sampai terjadi terobosan.

4. DAFTARKAN ORANG dan SUMBER IDE lain yang mungkin bisa menolong memecahkan masalah

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendirian di pulau. Tidak ada seorang pun yang bisa menyelesaikan problem sendirian. Seringkali ini adalah bagian yang dilupakan dalam pemecahan masalah. Seringkali orang ingin menyelesaikan sendiri masalah mereka dengan sumberdaya yang terbatas yang mereka miliki,. Mereka tidak mau minta tolong orang luar atau orang yang lebih ahli.

5. DAFTARKAN semua kemungkinan TINDAKAN yang dapat Anda pikirkan

Tuliskan 5 atau 6 solusi yang mungkin untuk persoalan yang Anda hadapi. Banyak orang tidak bisa memecahkan masalah karena mereka hanya mencoba 1 jalan keluar.

6. VISUALISASIKAN tindakan ini

Pikirkan dahulu seluruh prosesnya sebelum Anda benar-benar mencobanya untuk menyelesaikan masalah Anda. Dengan begitu mungkin Anda harus menyingkirkan beberapa pilihan, karena Anda bisa melihat bahwa hal tersebut tidak akan berhasil baik.

7. PILIH tindakan yang terbaik dan kerjakan

Lihatlah pada masalah Anda, pilih tindakan terbaik untuk dikerjakan, KERJAKAN.

8. Jangan ijinkan masalah menghentikan Anda dari MEMBUAT KEPUTUSAN YANG BENAR

Seringkali kita memilih hidup dengan masalah karena kalau kita berusaha memecahkannya seseorang akan terluka. Jangan menukar SOLUSI YANG TEPAT dengan jalan keluar yang mudah. Seringkali kita tidak ingin melukai orang lain. Sebenarnya lebih penting untuk MEMBUAT KEPUTUSAN YANG TEPAT.

APA YANG KITA LIHAT DAN KITA CARI MENENTUKAN KEBERHASILAN ATAU KEGAGALAN KITA. Keberhasilan dalam memecahkan masalah lebih terkait pada "orangnya" dari pada "masalahnya". Anda mungkin tidak memilih masalah Anda, tetapi ANDA MEMILIH RESPON ANDA. Bukan APA YANG TERJADI PADA ANDA YANG PENTING, tetapi APA YANG TERJADI DI DALAM ANDA YANG PENTING.

1 Yoh 5:4, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita

Apakah Anda pemecah masalah? Ya! Dunia sedang menunggu Anda!

Halaman :
1

Ikuti Kami