Perlu Untuk Diajarkan

Parenting / 18 May 2008

Kalangan Sendiri

Perlu Untuk Diajarkan

Fifi Official Writer
3086
Ini adalah kata-kata yang perlu diajarkan kepada anak Anda untuk mengembangkan pola pikir dan kedewasaannya:

1. Maaf
Lewat kata "Maaf", orangtua memperlihatkan pada anak-anaknya bahwa mereka pun dapat melakukan kesalahan dan karenanya harus mengungkapkan perasaan menyesal bila kesalahan yang mereka lakukan telah membuat anaknya sedih atau susah.

2. Tidak
"Tidak, jangan lakukan itu, nanti kamu menyakiti hati orang lain," atau "Tidak, kita tidak punya cukup uang untuk membeli barang tersebut." Bila orangtua tidak dapat mengatakan ‘Tidak' pada anak-anaknya, mereka akan tumbuh dewasa tanpa mengetahui bagaimana cara memberi respons terhadap keterbatasan.

3. Sudah cukup
"Hari ini kamu sudah cukup menonton televisi," atau "Hari ini kamu sudah cukup makan permen." Kalimat ini membentuk batasan dan memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kepekaan terhadap pengendalian diri. Kadang, ada kalanya hukuman diperlukan bila anak tidak mengikuti apa yang Anda katakan padanya.

4. Bagaimana, ya, perasaannya?
Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, berarti Anda memberi anak kesempatan untuk mempertimbangkan efek dari tindakannya terhadap orang lain, dan mengembangkan empati terhadap orang lain.

5. Hal ini tidak sesuai
"Menurut kamu kira-kira ada cara lain atau tidak?" Mempertimbangkan cara alternatif dalam berperilaku di situasi yang sulit merupakan salah satu langkah mengatasi suatu masalah, suatu keterampilan yang penting dan berguna dalam kehidupan.

Selain itu, yang tidak kalah penting, Anda tidak hanya perlu mengajarkannya saja. Tapi biarlah anak Anda melihat bahwa Anda juga melakukan hal-hal yang sama seperti yang diajarkan kepadanya, karena perbuatan berbicara lebih keras daripada perkataan mulut.

Sumber : nova
Halaman :
1

Ikuti Kami