Siap Untuk Kekasih Baru

Single / 6 August 2007

Kalangan Sendiri

Siap Untuk Kekasih Baru

Lestari99 Official Writer
12131

Siapa bilang putus cinta itu mudah dihadapi? Banyak orang yang harus melewati masa terburuk dalam hidupnya ketika harus putus cinta dengan pasangan. Biasanya, semakin lama dan berkualitas hubungan itu, maka semakin sulit pula proses perpisahan yang harus dijalani. Tapi hidup harus tetap berlanjut. Kamu tidak bisa menutup diri selamanya. Seseorang yang baru harus mulai kamu sambut dalam hidupmu. Bagaimana caranya?

Sadari.....

Langkah pertama ialah bahwa mantan sudah menjadi mantanmu, dan bukan pasangan kamu lagi. Karena itu hentikan percakapan tentangnya, berhenti membayangkan dirinya, dan bahkan buang hakmu untuk mendapatkan dirinya kembali.

Semakin cepat kamu tiba di dalam kesadaran penuh bahwa dia bukan milikmu lagi, maka semakin mudahlah bagi kamu untuk bisa bebas dan memulai hubungan baru dengan orang lain.

Bersihkan.....

Yang dimaksud ialah pembersihan seutuhnya. Pertama, pembersihan kepala. Jika kamu sudah mulai mengingat-ingat dirinya, segera hentikan otak kamu. Kedua, pembersihan hati. Jika hatimu mulai merasa sakit akibat putus cinta, segera pikirkan cara untuk menghapuskan rasa sakit itu. Caranya ialah dengan mengampuni. Jika kamu belum mengampuni kesalahan mantanmu yang menyebabkan retaknya hubungan, maka itu akan menghantui dan bahkan bisa merusak hubungan kamu dengan orang lain.

Belajar.....

Jika kamu sudah bisa tenang, tersenyum tanpa histeris dan air mata ketika kamu mengingat-ingat hubunganmu yang retak tersebut, maka sudah saatnya kamu mengevaluasi dan belajar dari hubungan itu untuk menjadikan hubunganmu yang baru menjadi sesuatu yang lebih baik.

Dengan belajar, kamu bisa menghindarkan diri dari mengulangi kesalahan yang sama dengan pasangan sebelumnya dan memungkinkan hubungan selanjutnya lebih lancar.

Berteman.....

Jika kamu sudah bisa memaafkan dan belajar dari hubungan yang telah putus, kamu bisa menjadikan mantanmu sebagai teman. Jangan pernah jadikan mantanmu sebagai musuh. Jadikan dia teman baik yang bisa memberi masukan yang baik untuk hidupmu.

Batasi.....

Memang sulit bisa menjadi teman baik dengan mantan tanpa perasaan apa-apa. Biasanya, akan banyak kenangan yang muncul tiba-tiba di tengah perbincangan atau pertemuan dengan mantan. Karena itu, agar hubungan dengan orang baru dalam hidupmu bisa lancar, batasi hubungan pertemanan dengan mantanmu. Jangan terlalu sering bertemu atau telepon. Jika kamu ingin memulai sesuatu yang baru, jaga perasaan orang baru dalam hidupmu dan jaga perasaanmu sendiri supaya tidak bercabang nantinya. Fokuslah pada sesuatu yang baru di depan kamu.

Disiplin.....

Disiplin adalah bagian dari pertemanan yang dibatasi. Ini ada hubungannya dengan kegiatan yang kamu buat tanpa ada orang di sekitarmu. Apakah kamu masih menyimpan foto-foto mantanmu dan memandanginya sambil berkaca-kaca saat tidak ada orang lain? Apakah kamu masih menyimpan baju pemberiannya dan ketika memakainya membuat kamu terharu selama berjam-jam? Jika efek mantan terhadap dirimu begitu besar, lebih aman jika kamu mendisplinkan diri dengan membuang foto-fotonya atau minimal menitipkan pada temanmu yang bisa membantumu mendisiplinkan diri. Jika kamu masih hidup dengan sisa-sisa kenangan, itu akan membuat hubungan barumu tersendat.

Baru.....

Ketika bersama orang baru, sebisa mungkin cari tempat baru, dengar lagu baru dan ciptakan sesuatu yang benar-benar baru, tidak meniru hubunganmu yang lama. Sesuatu yang baru akan menciptakan suasana dan kenangan yang fresh!

Jangan bandingkan.....

Jika kamu sudah berani menjalin hubungan dengan orang yang baru, selalu ingat bahwa dia adalah pribadi yang unik dan orang yang benar-benar berbeda dari mantan kamu sebanyak apapun kesamaan yang ia miliki dengan mantan kekasih kamu. Dia adalah orang lain yang butuh dihargai dan dilihat karena keunikannya sebagai seorang manusia. Karena itu, jangan pernah banding-bandingkan dirinya dengan mantan yang mungkin lebih sempurna! Perbandingan akan menjurus ke keretakan hubungan karena satu dan lain alasan.

Jika kamu bisa melakukannya, maka harapkan dan perjuangkanlah hubungan barumu untuk menjadi sesuatu yang sukses hingga ke pelaminan tanpa bayangan masa lalu.....

Halaman :
1

Ikuti Kami