Konflik Itu Indah

Marriage / 17 December 2005

Kalangan Sendiri

Konflik Itu Indah

Fifi Official Writer
5279
Konflik itu Indah! Suatu pernikahan di mana, masing-masing orang memiliki karakter, ide, sikap, tindakan yang berbeda, tentu saja dalam menjalaninya akan ditemukan friksi atau benturan satu sama lain. Suatu pernikahan akan membangun sisi terbaik dari sepasang suami istri.

Konflik yang diatasi dengan baik akan memperkaya kehidupan pernikahan. Konflik yang keliru dalam penanganannya akan merusak suatu pernikahan. Berikut beberapa tips dalam mengatasi konflik :

1. Pandanglah pernikahan sebagai sebagai satu kesatuan Anda dan pasangan. Jadi dalam berpikir, bertindak selalu bahwa tindakan yang dikerjakan adalah mewakili "Kami". Jangan terjerumus dalam kebiasaan mengatakan terlalu banyak "Saya" pikir...

2. Berdamailah secepat mungkin. Meskipun konflik dapat membawa pada pertumbuhan, jangan memperpanjang konflik yang dapat diselesaikan. Selesaikanlah konflik secara terbuka dan berdamailah dengannya secara konstruktif bukan destruktif.

3. Tetap fokus pada subject yang diperdebatkan. Memunculkan kembali persoalan-persoalan lalu untuk menghadapi pasangan Anda, apalagi di saat tersebut Anda merasa telah kalah dan memerlukan dukungan atas kebenaran argumen, tidak akan membuat permasalahan tersebut selesai. Bahkan tindakan tersebut akan menghabiskan energi Anda.

4. Jangan menindas. Pada puncak kemarahan, masing-masing akan bertahan pada egonya. Jangan terlalu terobsesi untuk menang.

5. Tingkatkan pendengaran. Tidak ada tindakan yang menghasilkan sesuatu yang dramatis dan mudah dikerjakan yaitu mendengar. Keinginan untuk didengar oleh pasangan akan membuat Anda ingin mendengarkan.

6. Berlatihlah untuk memberi terlebih dahulu sebelum menerima. Orang yang dapat memberi dengan tulus tanpa mengharapkan balasan, akan mengetahui bagaimana caranya menyelesaikan konfliknya dengan cepat.

Rayakan kemenangan Anda. Setelah damai dan hubungan Anda dipulihkan, Anda akan merasakan Cinta yang mungkin sudah mulai memudar
Halaman :
1

Ikuti Kami