Berdoa Untuk Kebangunan Rohani

Kata Alkitab / 22 November 2005

Kalangan Sendiri

Berdoa Untuk Kebangunan Rohani

Admin Spiritual Official Writer
8662

Selama anda menyimpan sikap tidak mau mengampuni dan kepahitan hati, itu akan mengendalikan anda dari hubungan yang indah terhadap Tuhan.

Hal utama yang kita semua harus lakukan jika kita ingin berdoa untuk terjadinya kebangunan secara spiritual atau yang dikenal sebagai kebangunan rohani adalah dengan cara mengkomitmenkan kembali diri kita pada kehidupan yang dipenuhi kesucian diri.

Ini membutuhkan dua hal. Pertama, anda perlu mengampuni sesama dan orang lain. Mungkin itu adalah anggota keluarga, seorang teman atau rekan bisnis anda. Selama anda menyimpan sikap tidak mau mengampuni dan kepahitan, itu akan mengendalikan hubungan anda terhadap Tuhan. Melalui kematian anakNya, Tuhan telah mengampuni anda, dan anda harus bersedia mengampuni orang lain juga.

Yang kedua, anda harus mengasihi Tuhan. Itu kelihatannya begitu sederhana, namun terlalu banyak orang Kristen menjadi suam-suam dalam imannya kepada Tuhan (Wahyu 3:16). Mereka tidak menghabiskan cukup waktu dengan Tuhan dalam saat teduh atau mereka tidak memikirkan bahwa penyembahan itu adalah sesuatu yang penting. Lalu mereka menjadi kuatir karena doa mereka kelihatannya menjadi tidak lagi berkuasa.

Kala Yesus mengajar 10 perintah Allah dapat diringkas sebagai : "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu." Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." (Matius 22:37,39)

Jika anda tidak memiliki hal-hal tersebut, anda perlu meminta Tuhan untuk memberikan apa yang diperlukan pada anda. Adalah sesuatu yang krusial jika anda harus mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Dengan kedua hal itu maka anda mulai bisa mengalami kebangunan rohani secara pribadi.

Pewahyuan Dari Tuhan

Hal berikutnya yang benar-benar amat dibutuhkan ialah pewahyuan dari Tuhan. Anda harus meminta Roh Tuhan untuk datang pada anda. Berdoalah : "Tuhan, urapi saya dengan Roh KudusMu. Berikan pada saya pewahyuan dari kuasa RohMu". Kita perlu tahu apa yang Tuhan kerjakan sehingga kita dapat berdoa dan hidup sesuai kehendakNya.

Dengan berbagai cara, kita akan menjadi dekat dan terbiasa dengan Tuhan. Anda mungkin mendengar orang mengatakan : "Dia adalah pribadi di tingkatan yang tinggi", atau "Dia adalah seorang teman lama". Kebenarannya ialah bahwa Tuhan-lah yang menyediakan api kebangunan rohani itu adalah pencipta alam semesta ini.

Benar, Dia adalah Bapa yang penuh kasih, namun kita harus menyadari bahwa kita sedang berbicara tentang pencipta alam semesta.

Alkitab mengatakan dalam Mazmur 24:3,4): "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?". "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.". Jika anda ingin punya perjalanan yang semakin intim bersama Tuhan dabn berdoa dengan kuasa, jangan coba untuk sok akrab dengan Tuhan. Anda justru harus meminta pada Tuhan : "Bersihkan aku, basuh aku. Angkat semua sombongku.Hancurkan aku. Rendahkan diriku.

Bangkitlah Negeriku

Dengan cara yang sama, kita harus meminta Tuhan untuk menggerakkan hati orang-orang untuk bergabung dalam gerakan doa ini. Untuk melakukan hal ini, diseluruh negeri - pria dan wanita dari semua latar belakang kehidupan - harus memiliki pewahyuan dari Tuhan dan perasaan tentang kekudusan Tuhan. Negeri ini harus dibuat waspada bahwa ada banyak dosa terhadap kekudusan Tuhan, bahwa Sepuluh Hukum Taurat yang justru mengambil alih, bahwa perzinahan justrui merajai masyarakat, bahwa pencurian dan korupsi yang mewarnai dunia, bahwa keserakahan telah menggila, bahwa kini jutru merebak manusia yang memiliki "tuhan buatan" selain Allah yang hidup.

Kala suatu bangsa merendahkan diri di hadapan Tuhan, menyadari bahwa Tuhan amat berkepentingan jika kita melanggar hukumNya, maka kebangkitan rohani yang sesungguhnya akan datang. Maka akan ada kesadaran untuk menghormati dan memuliakan Tuhan.

Akhirnya - dan ini yang paling penting - ingatlah bahwa kebangunan rohani artinya "kehidupan yang baru". Kita semua punya warisan nilai spiritual di bangsa ini, dan kita perlu melihat hal itu dibangkitkan. Kita perlu satu kesadaran akan kekudusan dan kesalehan sehingga bangsa ini sekali lagi akan berada dibawah kekuasaan Tuhan. Dan ketika umatNya serius tentang berdoa bagi adanya kebangunan rohani, Tuhan akan mendengar dan menjawab umatNya dan memulihkan keyakinan rohani bagi banyak orang di seluruh negara ini.

Kami Berdoa Untuk Anda

Kita harus mengambil lagi kuasa dari doa yang dinaikkan dengan penuh keseriusan. Pada kenyataannya, tidaklah mudah untuk melihat orang-orang berkumpul dan berdoa di gedung pertemuan, ruang ibadah dan bahkan di lapangan parkir untuk mendekat pada Tuhan.
Yesus mengatakan dalam Matius 7:7 : "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Apa yang baik kita ketahui ialah bahwa Tuhan dan penyelamat kita Yesus Kristus amat mengasihi kita begitu dalam sehingga Dia memberikan pada setiap kita "saluran terbuka" secara langsung pada Dia kapanpun kita membutuhkan arahan, ketenangan dan kekuatan. Dan Dia melanjutkan janjinya pada kita bahwa Dia akan menjawab setiap doa-doa kita.

Sumber : Sumber: cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami