Teman 'New Age' Saya (1)

Kata Alkitab / 21 November 2005

Kalangan Sendiri

Teman 'New Age' Saya (1)

Admin Spiritual Official Writer
10212

Siapa sih pengikut aliran New Age (Dunia Baru)itu?
Gerakan New Age bukanlah sesuatu yang baru. Penganut doktrin New Age atau Tata Dunia Baru telah menjadi bagian dari sejarah manusia sejak si ular menipu Hawa di taman Eden yang penuh dengan janji kebaikan. Meskipun mereka yang ada di aliran New Age punya bermacam-macam aliran serta doktrin (karena itu bukanlah satu organisasi keyakinan yang terpusat), mereka menjalankan satu inti kepercayaan yang umum. Berdasarkan Douglas Groothius dalam bukunya Confronting The New Age, terdapat sembilan inti kepercayaan New Age.

Inilah sembilan kepercayaan umum yang mereka pegang :

1. Harapan Terhadap Evolusi
Pemeluk New Age percaya bahwa dunia ini diseimbangkan untuk meletus dan masuk pada Tata Dunia Baru yang penuh pencerahan. Mereka insyaf bahwa bahwa "sasaran dunia baru" akan bersatu dibawah satu pemerintahan dunia dan diawali dengan lompatan kuantum dalam evolusi spiritual kemanusiaan.

Pandangan Alkitabiah :
"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. (2 Timotius 3:1)

2. Monism atau Keutuhan
Monism mempunyai arti "keutuhan atau keesaan". Penganut New Age percaya bahwa kita semua satu satu dengan setiap kita dan dengan seluruh semesta. Kita semua terhubung dengan satu bentuk dawai kord dari kosmos.

Pandangan Alkitabiah :
"Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu (beraneka ragam), sungguh amat baik. (Kejadian 1:31)

3. Panteisme
Penganut New Age tidak percaya pada pribadi Allah. Mereka percaya bahwa totalitas semua "keesaan" dalam kosmos dapat secara kolektif disebut sebagai "tuhan". Beberapa menyebutnya sebagai "tekanan". Yang lainnya menyebutnya sebagai "kesadaran". Namun dengan beberapa label, itu disebut juga sebagai pendewaan terhadap alam semesta serta semua yang ada di dalamnya. Itulah mengapa Shirley MacLaine dapat memproklamasikan dirinya : "Sayalah Tuhan". Dia percaya bahwa sebagai bagian dari kesadaran kosmis, dia adalah tuhan dan demikian juga dengan anda.

Pandangan Alkitabiah :
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah... Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.... Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.... Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. (Yohanes 1:1, 3, 4, 14, 18)

4. Transformasi Kesadaran
Penganut New Age percaya bahwa aliran New Age harus mengalami transformasi. Melalui meditasi, obat-obatan, yoga, seni perang, pengalaman kosmis, tujuan dari penganut New Age adalah menjadi satu dengan alam semesta. Tujuannya adalah menetapkan pikiran bahwa terjadi perdamaian dengan diri sendiri dan kesatuan pada satu alam semesta.

Pandangan Alkitabiah :
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12:2). Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. (Mazmur 119:105)

5. Menciptakan Sendiri Realita atau Kenyataan
Dalam gerakan New Age masalah moral adalah subyektif. Sejak mereka bukan sebagai standar eksternal obyektif dari otoritas ketika harus berperilaku, kemudian anda akan bebas untuk menciptakan realitas moral anda sendiri. New Age mendukung pesertanya untuk mengalami dan bereksperimen dengan moral mereka sendiri pada perjalanan mereka pada keutuhan.

Pandangan Alkitabiah
Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit. (Yesaya 5:20)

6. Potensi Kemanusiaan Tanpa Batas
Penganut New Age meyakini bahwa segala kuasa alam semesta adalah tersedia bagi setiap orang. Semakin banyak kita tahu tentang tuhan didalam kita, semakin kita dapat melepaskan tali tekanan kosmis untuk mencapai apa yang tidak terjangkau (ESP, telepati, pengalaman "keluar" dari tubuh dan psikokinesis (memindahkan atau memanipulasi obyek dengan pikiran) adalah bukti dari kepercayaan mereka terhadap potensi manusia yang tidak terbatas).

Pandangan Alkitabiah :
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. (Efesus 3:20-12)

7. Kontak Roh
Penganut New Age percaya bahwa ada pasukan roh yang menuntun, ET atau extraterrestrial dan wujud yang sungguh-sungguh mencari komunikasi pada manusia melalui medium atau saluran. Saluran ini adalah manusia yang bersentuhan dengan kesadaran kosmis dan dipakai oleh tuntunan roh ini untuk mengkomunikasikan kebenaran universal pada orang lain. Kebenaran kosmis ini secara rutin bertentangan dengan pengajaran Alkitabiah.

Pandangan Alkitabiah
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. (Galatia 1:8)

8. Tuan dari Atas
Penganut New Age percaya bahwa UFO dan mereka yang pernah mengalami pertemuan membuktikan bahwa tidak hanya ada kehidupan pada planet lainnya, namun bahwa mereka ini adalah mahluk yang lebih berkembang yang mampu mengajar manusia.

Peringatan : Saksikan tayangan serial Star Trek atau X-Files, anda akan melihat bahwa hal ini adalah benar. Kebanyakan film Hollywood atau serial televisi tentang fiksi ilmiah dan eksploraasi angkasa luar dibangun dari premis gerakan New Age. Banyak yang menyaksikan pertunjukan ini berkahir dengan membeli kebohongan yang mereka tawarkan.

Pandangan Alkitabiah :
Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. (2Korintus 11:14)

9. Keyakinan Sinkretisme
Kala Douglas Groothius menulis bukunya, Confronting the New Age : "Keyakinan New Age lebih bersifat memilih dari berbagai sumber tas belanjaan, dari mistis Timur, okultisme Barat, penyembahan berhala model baru, dan psikologi manusia". Banyak penganut New Age mengklaim dirinya menjadi orang Kristen. Kebanyakan orang Amerika sekarang ini menjadi New Age paling tidak dalam satu area system kepercayaan mereka. Keseluruhan isinya : "tidak masalah apa yang kamu percaya, itu hanya masalah bahwa kamu mempercayainya", mengalir dari dari system kepercayaan seorang New Age.

Pandangan Alkitabiah
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yohanes 14:6)

Sumber : Sumber: Greg Stier - Dare 2 Share - CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami